IPTABLES

PENDAHULUAN

    Assalamualaikum, pada postingan ini saya hanaya akan membahas tentang command2 IPTABLES serta Fungsi dari IPTABLES itu sendiri.


PENGERJAAN

   Usahakan anda sudah menginstall OS GUEST, SAYA menggunakan DOCKER sebagai OS GUEST nya.
petama apa itu IPTABLES ? 
IPATABLES adalah suatu tools dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filter (penyaringan) terhadap (trafic) lalulintas data. Secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalulintas data. Dengan iptables inilah kita akan mengatur semua lalulintas dalam komputer kita, baik yang masuk ke komputer, keluar dari komputer, ataupun traffic yang sekedar melewati komputer kita.
IPTABLES dasarya dibagi 3 Kategori yaitu
INPUT        :  Menfilter packet yang masuk dari luar
FORWARD  : Menfilter packet yang boleh diteruskan
OUTPUT     : Menfilter Packet yang ingin menuju Luar

BERIKUT COMMAND2 PADA IPTABLES : 

iptables -h  : Memberikan baris perintah bantuan
iptables  -L : Memberikan Informasi status IPTABLES
iptables  -A  INPUT  -p  icmp  -s  lawan  -d  ip saya  -j  DROP   : Memblock Ip dari luar yang ingin masuk ke IP di salah satu Interface kita
iptables  -A OUTPUT  -p  icmp  -s  ip saya -d  ip lawan  -j  DROP : Memblock ip dari interface saya yang ingin menuju ke interface lawan

Sekarang  kita coba memblock DNS request

iptables  -A  INPUT  -p udp  -s 0/0  -d ip saya  --sport 53  -j  DROP  : memblock IP dari DNS Service yang ingin masuk ke Interface saya
iptables  -A  OUTPUT  -p udp  -s ip saya  -d 0/0  --dport 53  -j DROP : Memblock IP dari interface saya yang ingin menuju ke service DNS 

 

KESIMPULAN

    Perhatikan ATTRIBUT yang anda gunakan entah itu INPUT, FORWARD, OUTPUT. Karena meraka mempunyai Logika source address & destination address yang berbeda penerapannya.
Jika ada yang ingin menambahkan harap berkomentar, sehingga saya bisa merevisi Postingan ini.

Komentar

Postingan Populer